Cara Mengatasi Monitor Mati Tapi Fan Berputar Kencang

Cara Mengatasi Monitor Mati Tapi Fan Berputar Kencang - Sekitar 6 bulan lalu saya membeli perangkat komputer/PC untuk mengganti laptop saya yang sudah mulai tidak mampu menjalankan software berat dan lemot, meski dalam kondisi bekas penjual bisa menjamin kualitas dan dalamannya masih bagus dan saya memantapkan untuk membelinya meski saat itu masih ragu dengan barang second. Selain karena penegasan yang diberikan oleh penjual salah satu yang membuat saya memantapkan untuk membeli komputer second adalah karena budget yang terbatas.
Cara Mengatasi Monitor Mati Tapi Fan Berputar Kencang

Selama pemakaian 6 bulan terakhir hampir tidak masalah serius yang terjadi dengan komputer tersebut, semua berjalan sesuai harapan. Hingga suatu terjadi yaitu minggu lalu tiba-tiba layar monitor mati dan kipas/fan di CPU terdengar sangat kencang dan berisik.

Monitor No Signal dan Tidak Mau Booting

Kondisi yang dialami PC saya tersebut adalah layar mati alias no signal dan tidak mau booting, fan yang terdengar sangat kencang tersebut terus berputar hingga saya mematikannya setelah menunggu sekitar 10 menit tetapi tidak ada perubahan.

Dalam kondisi tetap tenang saya mulai mencabut aliran listrik dan menghidupkannya kembali dengan harapan komputer bisa menyala, tetapi nyatanya tidak semudah itu, saya mulai panik dan mencabut semua saluran yang terhubung mulai dari mouse, keyboard, speaker dan mulai menyalakan kembali tetapi langkah tersebut tidak memberikan solusi.

Dengan minim pengalaman soal PC saya mulai mencari solusi lewat Google dan mencobanya yang sekiranya bisa saya lakukan. Menurut artikel yang saya baca ada beberapa kemungkinan kerusakan yang dialami oleh PC saya yaitu:


1.Terserang Virus
Untuk orang lain sepertinya ini masuk akal, tetapi penyebab ini saya kesampingkan karena saya tergolong orang yang jarang menginstall software aneh dan jarang browsing ke alamat tidak jelas, selain itu jika benar terserang virus bagaimana caranya mengatasinya karena masuk ke safe mode pun tidak bisa dilakukan.

2.Motherboard Rusak?
Ketika membaca kemungkinan motherboard saya rusak tentu ini mengejutkan mengingat biaya service yang nantinya tidak sedikit itu saya tanggung, sambil membaca solusi lain akhirnya saya menemukan yang bisa saya lakukan meski dengan sedikit kemungkinan akan berhasil, yaitu

3.Cabut RAM
Saya mulai membuka CPU dan mulai mencabut RAM yang terpasang, selain itu menurut artikel yang saya baca untuk membersihkan/mengggosok dengan penghapus karena sya tidak memilikinya maka saya menggantinya dengan karet yang diikatkan ke lidi yang fungsinya saya rasa hampir mirip dengan penghapus.

Hasilnya, setelah menggosok dan memasang RAMnya kembali akhirnya PC tersebut dapat menyala dan booting dengan normal tanpa masalah lagi.

Nah itulah pengalaman saya ketika Mengatasi Monitor Mati Tapi Fan Berputar Kencang, ketika membuka dan membersihkan CPU pastikan sudah tidak ada aliran listrik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jika setelah melakukan langkah yang saya lakukan diatas tetapi tidak ada perubahan ada baiknya untuk dibawa ke tempat service supaya segera diperbaiki ahlinya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Monitor Mati Tapi Fan Berputar Kencang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel