Cara Cek IMEI Ponsel Sendiri di Kemenperin

Cara Cek IMEI Ponsel Sendiri di Kemenperin - Peredaran ponsel ilegal dari tahun ke tahun semakn meningkat, hal ini membuat Kementerian Perindustrian segera mengambil langkah untuk menekan pertumbuhan tersebut, salah satunya dengan validasi imei.
Cara Cek IMEI Ponsel Sendiri di Kemenperin

Nomor imei bisa diibaratkan sebuah nomor induk kependudukan pada warga negara, jadi setiap ponsel yang berjumlah miliaran memiliki nomor tersebut. Dengan nomor tersebut pemerintah setempat dapat mendata dengan mudah warga negaranya.

Pada perangkat seluler di Indonesia, setiap ponsel yang dijual secara resmi akan didata dan di catat nomor IMEI tersebut kemudian dimasukan ke dalam database milik Kemeterian Perindustrian. Artinya jika ketika di cek nomor IMEI tidak terdaftar dalam databse Kemenperin bisa di pastikan bahwa ponsel tersebut ilegal. Baca: Pemerintah Siapkan Regulasi IMEI dan MSISDN

Cara Cek IMEI Ponsel Sendiri di Kemenperin

Pengecekan IMEI ponsel ini mulai ramai diperbincangkan sejak beredar wacana aturan mengenai pembatasan ponsel ilegal, nantinya pemerintah menyiapkan regulasi "penjodohan" antara IMEI dan MSISDN (Nomor Telepon). Penjodohan ini dimaksudkan adalah tidak dapat menggunakan simcard menggunakan ponsel sembarangan selain ponsel yang sudah terdaftar sebelumnya.

Lalu bagaimana cara cek nomot IMEi ponsel yang legal dan ilegal? kamu dapat mengeceknya melalui website resmi Kemenperin melalui langkah berikut ini:
  1. Pertama cek IMEi ponsel dengan cara tekan *#06# maka akan muncul nomor IMEi ponsel tersebut, untuk metode lainnya baca Cara Cek Nomor IMEi HP Android Semua Merk.
  2. Buka situs http://kemenperin.go.id/imei/
  3. Masukan Nomor IMEi Ponsel tersebut di kolom yang disediakan.
*Saat ini situs kemenperin dalam tahap perbaikan

Jika muncul merk dan tipe ponsel maka ponsel kamu adalah resmi. Tetapi jika tidak, kemungkinan ponsel kamu merupakan produk Black Market atau tidak beli melalui jalur resmi Pemerintah Indonesia, hal ini biasanya terjadi pada ponsel yang beli di luar negeri.

Aturan ini akan mulai diberlakukan mulai Agustus 2019 dan melalui tahapan-tahapan, Ada sedikit keringanan buat yang saat ini masih menggunakan ponsel ilegal yang tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian, karena ponsel ilegal yang terlanjur digunakan masyarakat tidak akan terdampak oleh aturan ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek IMEI Ponsel Sendiri di Kemenperin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel