Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi - Pada awal pemakaian biasanya kita merasa penyimpanan internal pada ponsel cukup longgar dan bisa menampung seluruh file kita sehari-hari. Tetapi lama kelamaan tiba-tiba muncul notifikasi bahwa memori internal sudah tidak muat untuk menampung aplikasi atau file berikutnya.
Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Mungkin kamu akan mengira bahwa pemakaian memori ponsel milikmu tidak seboros itu dan jarang menyimpang file atau menginstal aplikasi tidak berguna, tetapi kenapa bisa demikian?

Tanpa kita sadari sebenarnya penggunaan ponsel setiap waktu akan menyimpan file cache aktifitas dari ponsel tersebut, meski dengan jumlah yang sedikit tetapi lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi banyak.


Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Ketika akan menambahkan file baru, pada perangkat android biasanya akan muncul notifikasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat“ sehinggal pemambahan file tersebut gagal.

Terdapat beberapa solusi supaya kamu tetap bisa menyimpan file atau menambahkan video di memori internal tanpa harus menghapus suatu aplikasi, berikut solusinya:

Bersihkan Cache Aplikasi Manual

Secara sederhana, cache adalah teknologi yang membantu menampilkan halaman website lebih cepat. Pada perangkat android proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website akan di simpan pada memori internal, hal inilah yang terkadang memakan banyak penyimpanan.

Kamu dapat menghapus cache dari berbagai aplikasi seperti Browser atau aplikasi sosial media yang terkadang memakan banyak memori dengan masuk ke manajemen aplikasi.

Untuk pengguna Samsung caranya dengan masuk ke Pengaturan → Aplikasi  Pilih aplikasi  Hapus Data, untuk merk ponsel lain menyesuaikan ya.

Biasanya setelah menghapus data pada aplikasi sosial media kamu hanya perlu untuk login kembali tanpa harus mendownload aplikasi baru.

Bersihkan Cache Dengan Bantuan Aplikasi

Jika dibutuhkan dan tidak mau ribet, cobalah menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner, Clean Master, AVG Cleaner atau sejenisnya.

Ukuran dari aplikasi tersebut juga tidak terlalu besar dan menyesuaikan pada tipe ponsel tertentu sehingga tidak terlalu memberatkan pemakaian ponsel sehari-hari.

Cara Mengatasi Memori Penuh Dengan Memindahkan File

Jika memakai cara ini kamu perlu menambahkan memori external atau KartuSD.

Terkadang ketika kita merekam video atau memfoto sesuatu file tersebut akan tersimpan pada memori internal, kamu dapat mengecek foto atau video yang berada di memori internal dan memindahkannya ke memori external melalui file manager yang ada pada ponselmu, lalu cek folder demi folder yang ada di memori internal untuk mencari file yang perlu dipindahkan.

Oh ya, selain foto dan video hasil rekaman jangan lupa juga untuk menghapus atau memindahkan file hasil download karena file hasil download juga akan tersimpan di memori Hp internal.

Daftar Aplikasi Yang Banyak Menyimpan File Cache

Ada banyak aplikasi yang menyimpan file cache dan perlu di bersihkan secara rutin karena memakan banyak memori internal, adapun aplikasi tersebut yaitu aplikasi berbasis sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. Atau aplikasi Browser seperti Chrome, Opera, UCBrowser dan sejenisnya.

*Menghapus Data Aplikasi Akan me logout akun secara otomatis

Bagi yang suka main game, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menginstal game online karena dengan berjalannya waktu ukuran dari game tersebut akan terus bertambah.

Matikan Update Otomatis Android

Pada pengaturan standar, update aplikasi akan berjalan secara otomatis ketika terhubung ke jaringan WiFi. ini akan menyebabkan penambahan memori karena setiap update aplikasi maka akan semakin besar ukurannya, hal ini cukup mubazir apalagi di aplikasi yang jarang dipakai.

Untuk tetap menghemat penyimpanan matikan update otomatis aplikasi dengan cara masuk ke Play Store tab icon ☰ di pojok kiri atas, masuk ke menu setelan, lalu pada Update aplikasi ganti menjadi "Jangan Update Aplikasi Secara otomatis".

Jika diperlukan, matikan juga update otomatis pada pembaruan perangkat lunak. Caranya masuk ke menu Pengaturan → Perbarui Perangkat Lunak → Matikan Otomatis Unduh Pembaruan.